Categories
Sayuran

Daftar sayuran yang memiliki segudang manfaat kesehatan

Daftar sayuran banyak manfaat

Daftar sayuran yang memiliki segudang manfaat kesehatan – Semua sayuran mengandung berbagai vitamin, serat dan mineral yang sangat di butuhkan tubuh manusia.

Berikut ada beberapa sayuran yang banyak mengandung manfaat :
1. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini kaya akan zat besi. Bayam juga merupakan sumber kalsium, vitamin, dan antioksidan yang banyak. Penelitian tentang bayam mengungkapkan, bayam dapat menurunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Karena itu, bayam adalah tambahan yang bagus untuk semua makanan bebas daging atau susu. Satu cangkir bayam mentah sebagian besar terdiri air dan hanya mengandung 7 kalori.

Selain itu, bayam juga menyediakan: Vitamin K untuk kebutuhan harian penuh orang dewasa Vitamin A dengan jumlah yang tinggi Vitamin C Magnesium Folat Besi Kalsium Antioksidan.

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung vitamin K yang dapat mencegah resiko terkena kanker dan masih berasal dari keluarga yang sama seperti sawi, kale dan kembang kol. Mereka semua adalah jenis sayuran silangan.

Setiap cangkir brokoli cincang dan rebus mengandung:

  • 55 kalori
  • Kebutuhan harian penuh untuk vitamin K
  • Jumlah vitamin C yang disarankan selama dua hari

Makan banyak sayuran silangan dapat mengurangi risiko kanker, karena mereka mengandung sulforaphane. Dalam salah satu penelitian yang dilakukan pada hewan, sulforaphane mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara dan menghambat pertumbuhan tumor.

3. Wortel

Sayur wortel memiliki vitamin A yang sangat dibutuhkan, vitamin A baik untuk kesehatan mata.

Satu cangkir wortel cincang mengandung 52 kalori dan empat kali asupan vitamin A yang direkomendasikan orang dewasa setiap hari dalam bentuk beta-karoten.

4.Tomat

Meskipun kebanyakan orang menganggap bahwa tomat adalah buah, Namun kebanyakan orang memperlakukan tomat sebagai sayuran.

Setiap secangkir tomat mentah yang dicincang mengandung:

  • 32 kalori
  • 427 miligram kalium
  • 24,7 miligram vitamin C

Tomat mengandung likopen, yakni antioksidan kuat yang berperan dalam melawan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat mencegah kanker prostat. Beta-karoten dalam tomat juga memiliki efek antikanker.

5. Kale

Kale merupakan sayuran yang mempunyai segudang kesehatan. Sayur ini memberikan 7 kalori per cangkir serta vitamin A,C, dan K.

Sebuah studi kecil melaporan bahwa pria dengan kolestrol tinggi yang meminum 150 mililiter jus kale selama 12 minggu mengalami:

  • Pengurangan 10 persen lipopretein densitas rendah, atau kolestrol “jahat”
  • Peningkatan 27 persen lipoprotein densitas tinggi, atau kolestrol “baik”
  • Penilitian lain juga menunjukkan bahwa jus kale mengurangi tekanan darah, kolestrol darah serta kadar gula darah.

Di atas merupakan beberapa sayuran yang kaya akan manfaat nya dan memiliki segudang kesehatan bagi tubuh anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *