Categories
Home Perkebunan

Menanam Bunga Lavender di Pot

Indah dan Banyak Manfaat, Inilah Cara Menanam Bunga Lavender

Menanam Bunga Lavender di Pot . Yuk, mari kita bahas dan pelajari apa sih fungsi dan manfaat bunga lavender. Nanti kita juga akan membahas bagaimana menangani menanam bunga lavender ini. Namun, bunga ini bisa dikenal sebagai bunga pengusir nyamuk. Sebenarnya, beberapa produk pengusir serangga juga menggunakan bunga lavender sebagai bahan dasarnya.

Kemampuan agar bisa mengusir nyamuk tersebut berasal dari aroma langsung dari bunga lavender. Aromanya mengandung linalool dan linalyl yang sangat tidak dibutuhkan oleh nyamuk. Namun, untuk manusia sendiri, aroma bunga lavender malah memberikan efek yang sangat lho, Guys!

Jika Anda tertarik dengan Manfaat bunga lavender ini, Mengapa kami tidak mencoba Daftar IDN Poker menanamnya di rumah? Bunga lavender termasuk bunga yang cukup fleksibel. Kita bisa menanamnya di luar atau di dalam rumah dengan menggunakan pot.

Nah, berikut cara menanam bunga lavender di pot yang bisa kamu ikuti:

1. Memilih bibit bunga lavender

1518642090258 ebb5af2e56d6470c920819ce5c34b224 - Menanam Bunga Lavender di Pot

Banyak orang mengira bunga lavender hanya memiliki warna ungu, padahal bunga ini memiliki warna lain lho, seperti biru, putih, dan kuning. Bunga lavender sendiri terdiri dari 25 jenis!

Nah, sebelum kamu memilih bibit, ada yang mau kamu cari tahu warna yang ingin dan juga kecocokannya dengan Lingkungan tempat tinggal.

Jika kamu sudah menentukan jenis yang diinginkan, belilah di toko agar mendapatkan bibit yang berkualitas. Jangan lupa memilih bibit terlebih dahulu ya, teman-teman! Pilih bibit yang bebas dari serangga dan belum kadaluarsa.

2. Mempersiapkan media tanam

potting soil 1 6b075ea657debfb51a5fb27daa1173c8 - Menanam Bunga Lavender di Pot

Setiap tanaman membutuhkan media tanam yang berbeda. Media tanam bunga lavender sendiri terdiri dari campuran tanah, pupuk kompos atau sekam padi, dan pasir dengan kombinasi 1: 1: 1.

Untuk wadahnya, siapkanlah pot atau  polybag  yang berlubang di bagian bawah, dan  styrofoam  dengan ketebalan 5 cm. Jangan lupa sesuaikan diameter  styrofoam  dengan diameter pot atau  polybag kamu, ya!

3. Menyemai bibit bunga lavender

8194544545 23ec16b7fb b 2ae84e8f6c8fc768a694e137f143fba5 - Menanam Bunga Lavender di Pot

Penyemaian adalah proses penumbuhan bibit menjadi kecambah. Pada penanaman bunga lavender, proses ini sangat penting lho, guys. Banyak yang tidak berhasil menumbuhkan bunga lavender karena gagal pada ini.

Nah, ikuti kecambah kamu bisa tumbuh dengan baik, ikuti langkah-langkah berikut ya:

  • Letakkan  styrofoam  di bagian dasar pot atau  polybagStyrofoam  akan menyerap kelembapan berlebih. Pasalnya, bunga lavender tidak menyukai tanah yang terlalu lembap;
  • Media tanam yang sudah kamu siapkan siapkan;
  • Buat lubang di bagian tengah, lalu masukan satu bibit bunga lavender. Setelah itu, tutup kembali dan padatkan tanah;

Sebaiknya satu pot hanya ditanam satu agar berhasil berhasil lebih tinggi. Jika kamu sudah melakukan langkah di atas, siram bibit bunga lavender dan biarkan di tempat yang mengganti cahaya matahari.

4. Memindahkan bibit bunga lavender

1452647989538 3ddaca0b88b59949e25bddbfb317fe60 - Menanam Bunga Lavender di Pot

Mendekati, kecambah bunga lavender akan mencapai tinggi 15 cm setelah satu bulan. Nah, inilah waktu yang tepat untuk dipindahkannya ke media tanam yang lebih luas.

Namun, satu jam sebelum dipindahkan, siram dan diamkan bunga lavender terlebih dahulu ya, kawan. Setelah itu, buka pot atau polybag  secara lengkap tanpa merusak tanahnya.

Nah, di media tanam yang baru, kamu juga perlu menyediakan jarak 30-45 cm antara menambah pertumbuhan kemudian tidak hanya satu sama lain.

5. Perawatan bunga lavender

meadow of lavender nature composition selective royalty free image 539988160 1533825462 307606d656d5d53227ae28f44999c679 - Menanam Bunga Lavender di Pot

Seperti yang telah diterima di atas, bunga lavender tidak menyukai tanah yang lembap. Oleh karena itu, kamu tidak perlu menyiram tanaman ini terlalu sering. Tanah yang terlalu lembap hanya akan membuat batang lavender busuk.

Agar tumbuh dengan baik, biarkan bunga lavender di tempat yang menerima sinar matahari, berikan pupuk organik, dan singkirkan gulma-gulma yang dipindahkan.

Cabang bunga lavender juga perlu dipangkas setiap satu tahun sekali guna tetap rapi dan tumbuh tunas baru.

Itulah cara menanam bunga lavender. Cukup mudah dan menarik untuk dicoba bukan? Yuk, tanam bunga agar rumah kamu bebas dari nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *