Categories
Berkebun

Ini 5 Tanaman yang Paling Cepat Berbuah dan Dipanen

Ini 5 Tanaman yang Paling Cepat Berbuah dan Dipanen

Ini 5 Tanaman yang Paling Cepat Berbuah dan Dipanen – Kamu pasti tertarik untuk berkebun? Seru loh karena kamu dapat memanen buah dan sayuran dari kebun sendiri.

Syaratnya aplikasi idn poker gak banyak kok guys, sepetak tanah dan keuletan kamu. Jika pengetahuanmu dalam menanam buah dan sayur belum banyak, kamu bisa memulai dari tanaman yang mudah perawatannya lebih dulu.

Nah, kalau kamu ingin dan senang sering-sering panen, ada beberapa tanaman yang cocok untuk kebun kamu nih. Yuk simak!

1. Buah persik 

Tanaman persik jarang kamu jumpai ada di Indonesia. Biasanya, buah ini dibudidayakan di Tiongkok, Yunani, Italia atau Spanyol.

Tapi, kamu tetap bisa menanam buah ini kok di Indonesia. Sayangnya, kamu bisa menanam buah ini di tanah yang memiliki ketinggian 4800 kaki atau setara dengan 1463 meter di atas permukaan laut (mdpl). Oleh karena itu, buah ini tidak cocok ditanam di tempat yang beriklim hangat dan panas, jelas laman SF Gate.

Ketinggian tanam untuk buah persik lebih rendah dari apel yang tumbuh di ketinggian 1.500-2.700 meter di atas permukaan laut, ungkap laman Business Standard. Pohon yang baru ditanam akan menghasilkan buah dalam 4-5 tahun ke depan dan membutuhkan waktu 3-5 bulan untuk dipanen sejak bunganya diserbuki, ujar laman Harvest to Table.

2. Buah pir 

Satu pohon ini bisa menghasilkan sekitar 50 pound buah pir atau setara dengan 22,6 kilogram dalam satu musim panen. Sejak bunga diserbuki, kamu harus menunggu sekitar 115-165 hari untuk panen buah pir, tutur laman SF Gate.

Ini berarti, kamu perlu menanti selama 3-5 bulan untuk bisa memetik buahnya langsung dari pohon. Tidak terlalu lama, kan?

Pohon buah pir juga bisa hidup hingga usia 75 tahun atau lebih, sehingga buahnya bisa dinikmati dari generasi ke generasi. Namun, buah pir hanya cocok ditanam di ketinggian di atas 1600 kaki (487 mdpl).

Selain itu, suhu tanam paling ideal adalah di bawah 7°C, saran laman Wiki Farmer. Tak bisa di dataran rendah, ya!

3. Buah belimbing manis 

Kalau tanaman buah yang satu ini pasti cocok ditanam di Indonesia! Kamu sering kan melihat halaman rumah orang yang menanam belimbing.

Menurut laman University of Florida, habitat asli buah belimbing manis memang di Asia Tenggara kok. Menariknya, buah belimbing manis bisa dipanen setiap 2-3 kali dalam setahun!

Pohon ini bisa menghasilkan buah setelah ditanam selama 10-14 bulan, cepat juga, ya? Dalam setahun, pohon ini bisa menghasilkan 4,5 sampai 18 kilogram buah belimbing manis. Kamu bisa menanam pohon belimbing manis di ketinggian 0-1.200 meter dari permukaan laut.

Perawatannya pun mudah, low maintenance banget!

4. Buah mangga 

Buah satu ini juga mudah kamu jumpai di Indonesia. Pohon mangga memang tumbuh dengan baik di dataran rendah.

Tetapi, mangga membutuhkan lahan yang luas karena pohon ini bisa tumbuh dengan ukuran yang besar. Menurut laman Gardening Know How, pohon ini bisa tumbuh hingga tinggi 30-100 kaki (9-30 meter).

Semenjak bunganya diserbuki, kamu hanya perlu menunggu 3-5 bulan untuk memanen buah mangga. Dengan catatan, ini bergantung pada varietas dan kondisi cuaca, tidak bisa disamaratakan.

Pohon buah mangga cocok ditanam di dataran rendah. Ketinggian maksimal yang cocok untuk pohon buah mangga adalah 1.200 mdpl.

5. Belimbing wuluh 

Belimbing wuluh alias belimbing sayur mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman ini sering dijadikan sayur, seperti untuk masakan garang asem, pepes ikan, asem-asem, tumis ikan asin dan sebagainya. Pohon belimbing wuluh bisa tumbuh hingga tinggi 50 kaki atau setara dengan 15,2 meter, ungkap University of Hawaii at Manoa.

Setelah berbunga, pohon ini akan berbuah dalam waktu 50-60 hari atau 2 bulan saja! Cepat banget, kan? Pohon ini rata-rata akan berbuah sebanyak 2 kali dalam setahun.

Belimbing wuluh bisa tumbuh dengan baik di ketinggian antara 300-3.500 kaki (91-1.066 meter dari permukaan laut). Cocok banget ditanam di kebun rumah kita!