Categories
Gardening

Manfaat dari Berkebun, Bagus untuk Kesehatan Mental

Manfaat dari Berkebun, Bagus untuk Kesehatan Mental

Manfaat dari Berkebun – Bagi sebagian orang, kegiatan berkebun atau bercocok tanam merupakan hal yang menyenangkan. Selain kita bisa menikmati hasil dari tanaman yang kita tanam, berkebun juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mental lho.

Masih banyak lagi manfaat dari berkebun, berikut kita rangkumkan untuk anda Download IDN Poker

1. Belajar hidup sederhana 

Kegiatan berkebun membuat kita menjadi sosok yang sederhana dan terhindar dari sikap konsumtif. Hal itu karena seringnya kita menikmati hasil dari tanaman yang kita tanam, sehingga kita terbiasa untuk mengolah dan memanfaatkan hasil apapun yang ada dari kegiatan berkebun seperti sayuran maupun buah-buahan. Hal itu tentunya membuat kita menjadi sosok yang sederhana.

2. Belajar ikhlas 

Ketika hasil kebun kita yang siap panen tersebut gagal, kita belajar untuk menerima kegagalan tersebut. Bukannya patah semangat, justru kita merasa tertantang untuk mencari solusi lain agar hasil kebun kita selanjutnya bisa dipanen dengan baik. Tanpa sadar kegiatan berkebun melatih diri kita untuk ikhlas dan pantang menyerah.

3. Terhindar dari stres

Berkebun ternyata bisa membuat kita terhindar dari stres lho. Karena dengan berkebun, fokus kita teralihkan pada tanaman-tanaman yang kita tanam sehingga perasaan tertekan maupun stres yang menghinggapi kita sedikit demi sedikit bisa hilang.

Berkebun juga penting untuk kesehatan batin

4. Melatih kesabaran 

Selain poin di atas, kegiatan berkebun bisa melatih kesabaran kita juga. Filosofinya, tanaman yang kita tanam itu sudah kita anggap seperti anak kita sendiri jadi kita merasa bertanggung jawab dengan perkembangan tanaman kita tersebut. Seperti halnya mendidik anak yang membutuhkan kesabaran, merawat tanaman juga dibutuhkan kesabaran yang ekstra agar bisa berkembang dengan baik.

5. Lebih peduli pada lingkungan 

Kegiatan berkebun membuat kita menjadi lebih peduli dan lebih memperhatikan lingkungan. Kita enggan untuk menebang pohon secara berlebihan, enggan untuk mengotori, bahkan merusak lingkungan. Yang ada justru kita jadi lebih menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Dalam hal memanfaatkan lingkungan pun kita mengambil langkah yang baik tanpa harus merusaknya misalnya dengan memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang berguna dan layak untuk dipasarkan.