Categories
Tanaman Tanaman dan Bunga Tanaman Hias Tumbuhan

Manfaat Super dari Menanam Bunga Lavender di Rumah

Manfaat Super dari Rumput-rumputan herbal

Menanam Bunga Lavender – Selain sebagai tanaman hias, bunga-bunga tertentu akan memberikan manfaat lain ketika ditanam di rumah. Salah satu bunga yang penuh manfaat adalah lavender.

Bunga Lavender sendiri telah lama dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Bunga yang termasuk ke alam keluarga rumput-rumputan ini memiliki daun yang menyirip dan ditutupi oleh bulu-bulu halus. Umumnya, bunga lavender yang kita lihat berwarna ungu, padahal bunga ini juga memiliki warna lain lho, seperti biru, putih, dan kuning.

Baca juga : Fakta Unik dan Ilmiah Eceng Gondok, Berikut Ulasannya

Menanam bunga lavender pun cukup mudah. Bunga yang berasal dari wilayah dengan iklim sedang ini bisa ditanam di halaman ataupun di dalam rumah dengan menggunakan pot.

Rangkum manfaat lain bunga lavender selain sebagai tanaman hias:

Sebagai Pengusir Nyamuk

Bunga lavender telah lama dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Kemampuannya ini berasal dari aroma yang dikeluarkan olehnya. Aroma tersebut mengandung linalool dan linalyl asetat yang tidak disukai oleh nyamuk.

Nah, daripada Mama menggunakan obat pengusir nyamuk dengan bahan dasar kimia, cobalah manfaatkan bunga ini. Pastinya lebih aman untuk keluarga!

Sebagai Pengharum Alami

Bunga lavender termasuk bunga dengan aroma yang kuat. Satu pot kecil saja sudah mampu membuat penjuru ruangan terasa lebih harum. Letakan lah bunga lavender di ruang keluarga, acara kumpul-kumpul pun akan menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, Mama bisa mengekstrak bunga lavender dan mengolahnya menjadi sabun organik lho. Sabun bunga lavender pun akan membuat tubuh Mama wangi sepanjang hari.

Memberikan Efek Relaksasi

Tidak hanya wangi, aroma bunga lavender mengandung anti-neurodepresive. Alhasil, Mama akan merasa tenang dan relaks ketika menghirup aroma tersebut.

Nah, Mama bisa meletakan bunga ini di kamar tidur untuk membantu Mama beristirahat setelah melewati hari yang melelahkan.

Selain menenangkan, aroma bunga lavender bisa mengatasi stres, membuat Mama tertidur lebih cepat, bahkan mengatasi insomnia lho!

Dimanfaatkan untuk Merawat Tubuh

Bulu-bulu halus pada daun bunga lavender mengandung minyak esensial. Nah, Mama bisa mengekstrak minyak tersebut dan memanfaatkannya untuk merawat tubuh.

Ketika dioleskan dikulit kepala, minyak bunga lavender dapat membuat rambut tumbuh lebih lebat, mencegah kerontokan, mengatasi ketombe, hingga mengatasi kutu rambut lho, Ma.

Tidak hanya rambut, minyak bunga lavender juga bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit ketika Mama mengoleskannya di kulit Mama.

Dikonsumsi Sebagai Teh

Apakah mama suka mengonsumsi teh di pagi atau sore hari? Jika Mama bosan dengan teh yang Mama minum, Mama bisa mencoba teh bunga lavender.

Jika diminum secara teratur, teh ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mendetoksifikasi, serta menyehatkan pencernaan dan pernapasan lho, Ma. Apalagi, bunga lavender mengandung senyawa polifenol. Senyawa ini mampu menangkal radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker!

Itulah lima manfaat lain bunga lavender selain sebagai tanaman hias! Yuk, tanam bunga ini di rumah, Ma. Jangan lupa perhatikan cara menanam dan merawatnya agar bunga lavender yang Mama tanam dapat tumbuh dengan baik ya.

Sumber : popmama.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *