Categories
Gardening

Pangkas Tanaman dan Rumput Supaya Taman Lebih Indah

Pangkas Tanaman dan Rumput Supaya Taman Lebih Indah

Pangkas Tanaman dan Rumput Supaya Taman Lebih Indah – Lengkapi peralatan berkebun kamu supaya tanaman jadi lebih indah dipandang. Salah satu alat yang wajib dimiliki adalah gunting tanaman. Cek jenisnya bersama kami!

Rapikan Tanaman Secara Rutin Memakai Gunting

Memiliki taman yang indah tentu menjadi kebanggan tersendiri. Selain indah dipandang, taman juga bisa jadi pereda stres. Supaya taman tampak indah, selain menanaminya dengan aneka tanaman, kamu juga bisa menghiasnya supaya tampak artistik.

Salah satu cara menata taman supaya tampak artistik adalah dengan membentuk rumput, pohon, atau dahan tanaman seartistik mungkin. Kamu bisa membentuknya bundar, kotak, atau persegi untuk pemula.

Sementara yang sudah profesional bisa membentuk tanaman menjadi bentuk lain yang lebih rumit seperti bentuk hewan, benda, dan lain sebagainya.

Untuk membentuk aneka tanaman sesuai kreasi, kamu membutuhkan alat bernama gunting tanaman. Ini karena gunting tanaman memiliki fungsi berbeda dengan gunting biasa. Gunting untuk tanaman pun ada banyak jenis dan fungsinya.

Ini Dia 4 Jenis Gunting Tanaman yang Wajib Kamu Tahu

Gunting Deluxe

Gunting deluxe adalah salah satu jenis gunting tanaman. Jenis gunting ini bisa dipakai untuk memotong ranting. Gunting deluxe bentuknya mirip tang dengan mata pisau tebal yang tajam dan kuat.

Gunting yang satu ini terdiri dari deluxe anvil prunner, deluxe by-pass prunner, deluxe by-pass lopper, dan deluxe anvil lopper.

Fungsinya hampir sama, namun bentuk mata pisau dan ukurannya berbeda. Jenis anvil prunner umumnya memiliki lapisan karet untuk memangkas ranting berukuran kecil.

Jenis deluxe by pass prunner biasanya dipakai untuk ranting keras karena memiliki mata pisau yang bergerigi.

Sementara itu, deluxe by-pass lopper memiliki mata pisau yang melengkung dan bisa memotong ranting di ketinggian. Gunting deluxe anvil lopper berfungsi untuk memotong ranting besar.

Wavy Hedge Shear

Kamu bisa juga memakai wavy hedge shear untuk memangkas dan mempercantik tanaman.

Gunting yang satu ini memiliki mata pisau bergelombang. Ini supaya rumput bisa dipotong dengan pola tak beraturan.

Hasilnya adalah rumput akan memiliki ketinggian berbeda. Jenis gunting yang satu ini bisa mempercepat proses merapikan rumput di halaman.

Gagang guntingnya fleksibel dan bisa diatur panjang pendeknya.

Swivel Grass Shear

Selanjutnya kamu juga perlu mengenal gunting tanaman jenis swivel grass shear. Produk yang satu ini sangat multifungsi karena bisa memangkas berbagai jenis tanaman.

Jenis gunting ini bisa berputar 360 derajat sehingga mudah dioperasikan. Bentuknya memanjang sementara bagian ujungnya lancip. Biasanya gunting ini dipakai untuk merapikan tanaman yang tumbuh secara tidak beraturan.

Gunting Rumput

Terakhir ada gunting rumput alias grass cutter. Fungsi gunting ini sama seperti namanya yakni untuk memotong rumput.

Dengan mata gunting berbentuk lurus, bagian ujungnya tajam dan meruncing.

Bagian pegangan gunting umumnya berbahan kayu dengan diameter sesuai genggaman tangan. Gunting ini juga bisa dipakai memotong aneka tanaman lainnya yang tumbuh di dasar taman.