Categories
Tumbuhan

Pohon Ini Diklaim Umur Terpanjang di Dunia

Umur Terpanjang di Dunia

Umur Terpanjang di Dunia – Menurut hasil dari riset yang yelah dilakuka olah sekelompok ilmuan dari VIB an Dhent University di Jerman, sel induk dalam akar tumbuhan memegang kunci penting terhadap kelangsungan hidup tumbuhan. Sekaligus berperan untuk melahirkan salinan DNA ketika tumbuhan mengalami kerusakan sel. Dengan pembentukan salinan DNA tersebut, tumbuhan dapat terus tumbuh dan berkembang menggunakan sel baru.

Baca juga : Kenalan dengan Mugwort yuk, Tanaman Hits yang Dijadikan Skincare

Penelitian lain menyebutkan bahwa organisme paling tua di dunia didominasi spesies yang bisa bereproduksi secara aseksual karena membantunya menghindari mutasi dan parasit. Merangkum berbagai sumber, berikut beberapa jenis pohon yang bisa berumur hingga ribuan tahun.

Bristlecone Pine (4200 tahun)

MAinpinus longaeva tree - Pohon Ini Diklaim Umur Terpanjang di Dunia

Pohon cemara merupakan pohon dari family Pinaceae. Bisa ditemukan di mana dan kapan saja, selama tanah di daerah tersebut berpasir berkapur, mengandung banyak air atau mempunyai kadar keasaman cukup tinggi. Nah, Trubus Mania bisa menemukan pohon dengan nama latin Balfourianae ini di Siberia, Skotlandia, Norwegia, Kepulauan Canary, Filipina, Pegunungan Himalaya hingga ke pelosok New Zealand, Brazil dan Chili.

Pohon ini cukup populer karena dapat tumbuh di mana saja. Juga memiliki daya jual yang sangat tinggi dalam industri perkayuan. Semua bagian pohon cemara bisa dimanfaatkan, mulai dari kayu, getah, ranting, biji hingga daunnya, mempunyai kegunaan yang bernilai ekonomi.

Pohon cemara dengan rata-rata tinggi 15 hingga 45 meter merupakan salah satu pohon yang berumur panjang. Umurnya bisa mencapai sekitar 100 sampai 1000 tahun. Bahkan, rekor pohon tertua di dunia tercatat dari spesies great basin bristlecone pine. Pada tahun 2018, tanaman dengan nama ilmiah Pinus longaeva ini berumur 4850 tahun. Menjadi pohon tertinggi dari spesies sugar pine sedangkan yang terpendek adalah cemara potosi pinyon dan siberian dwarf pine.

Jormon Sugi (2000-7000 Tahun)

msid 65590944,width 96,height 65 - Pohon Ini Diklaim Umur Terpanjang di Dunia

Menurut wikipedia, jomon sugi alias japanese cedar adalah pohon cemara tertua di Jepang. Pohon dengan nama ilmiah Cryptomeria ini ditemukan pada tahun 1968. Jomon sugi dengan tinggi 25,3 meter dan volume 300 meter kubik diperkirakan berusia antara 2000 hingga 7200 tahun. Terletak di Pulau Yakushima bagian paling utara Jepang. Bisa dilihat setelah Trubus Mania melakukan perjalanan 40 menit dengan pesawat terbang dari Bandar Udara Kagoshima.

Norway Spruce (9550 Tahun)

norway spruce wikicommons cruiser - Pohon Ini Diklaim Umur Terpanjang di Dunia

Tinggi pohon norway spruce hanya 4 meter saja. Pohon sejenis cemara ini bisa ditemukan di Swedia. Umurnya berkisar 9.550 tahun. Hidup sejak akhir zaman es, pohon dengan nama ilmiah Picea abies ini tercatat sebagai yang tertua di dunia saat ini.

Pohon ini ditemukan para peneliti pada tahun 2004, di sekitar semak-semak pegunungan pada ketinggian 910 meter di Provinsi Dalarna, Swedia. Pohon ini tidak langka karena penduduk sering menggunakannya sebagai pohon Natal.
Usianya yang sangat panjang kemungkinan besar dipicu kemampuannya mengkloning diri sendiri, ujar Leif Kullman, profesor ekologi dan lingkungan hidup di Universitas Umea, Swedia.
Batang dan rantingnya dapat bertahan hidup hingga 600 tahun. Menurut Leif, saat batangnya mati, batang baru akan dibentuk dari akarnya sehingga umurnya menjadi sangat panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *