Categories
Tumbuhan

Pohon Terbesar di Dunia dengan Batang yang Besar

Tumbuhan Terbesar di Dunia

BatangPohon menjadi salah satu jenih tumbuhan yang memiliki serat dan unsur kayu pada batangnya, serta memiliki fungsi yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Selain itu pohon umumnya memiliki ukuran yang besar dan memiliki manfaat bagi manusia, untuk produk kayu yang biasa kita gunakan, juga berfungsi sebagai rumah dari beberapa hewan kecil. Tapi terdapat beberapa pohon berukuran raksasa, yang berkali kali lipat lebih besar dari ukuran manusia.

Baca juga : Hama Pada Tanaman Hias yang Harus Diwaspadai

Pohon raksasa tersebut sangat unik dengan batang yang berukuran raksasa dan tinggi hingga puluhan meter, bahkan ratusan meter.

Giant Squoia

Giant Sequoia dinobatkan sebagai pohon terbesar di dunia dengan volume live22 apk batang mencapai 1.487 meter kubik. Ukuran tersebut sangat besar dan menyamai volume dari setengah kolam renang Olimpiade, yang umumnya memiliki volumen 88.000 meter kubik.

Sementara tinggi dari pohon ini rata-rata mencapai 45 meter hingga 85 meter, serta berdimeter 6-8 meter, tapi salah satu jenis pohon ini memiliki rekor tertinggi 94 meter dan berdiamater 17 meter, dinamai dengan General Sherman.

Pohon ini memiliki habitat utama di Amerika Utara dan banyak terdapat di Taman Nasional Sequoia yang terletak di Kalifornia, serta mampu hidup selama lebih dari 2000 tahun.

Coast Redwood

Coast redwood menjadi salah satu pohon terbesar yang memiliki ukuran volume mencapai 1.084,5 meter kubik. Di samping itu, pohon ini dinobatkan sebagai jenis pohon tertinggi di dunia. Rekor tertinggi dari pohon ini mencapai 115,92 meter, dinamai Hyperion yang hidup di Taman Nasional Redwood, Kalifornia.

Pohon ini mampu hidup lebih dari 1200-1800 tahun dan merupakan jenis pohon endemik dari Amerika Utara. Terutama banyak tersebar di Negara Bagian Kalifornia, Amerika Serikat.

Kauri

Selanjutnya terdapat Kauri atau yang bernama latin Agathis australis dengan ukuran volume batang 518 meter kubik. Selain itu, tumbuhan ini mampu tumbuh hingga tinggi lebih dari 50 meter, di mana pohon terbesar ketiga tersebut dijuluki Tāne Mahuta, yang berhabitat di Hutan Waipoua, Selandia Baru bagian utara. Sedangkan usia pohon ini antara 1500 hingga 2500 tahun, serta memiliki habitat asli di Selandia Baru.

Western Redcedar

Western redcedar atau bernama latin Thuja plicata adalah tumbuhan asli endemik Amerika Utara yang tersebar di Amerika Serikat bagian utara dan Kanada, yang berada di sepanjang pesisir barat.

Pohon ini memiliki ukuran mencapai tinggi mencapai 60-70 meter dan berdiameter 3-4 meter. Ukuran terbesar dari pohon ini bervolume 449 meter kubik yang diberi nama Cheewhat Giant, yang hidup di British Columbia, Kanada.

Eucaluyptus Regnans

Eucalyptus regnans merupakan salah satu pohon terbesar di dunia, dengan ukuran volume mencapai 391 meter kubik. Selain itu salah satu pohon ini juga dinobatkan sebagai pohon tertinggi kedua yang dijuluki Centurion, dengan tinggi 100.5 meter yang berada di Tasmania, Australia.

Pohon yang memiliki habitat asli di Selandia Baru dan Australia ini 300-400 tahun dan memiliki habitat di daerah beriklim dingin.

Itulah 5 dari sekian banyak pohon dengan batang terbesar di dunia. Sebaiknya kita jaga kelestariannya, ya demi kehidupan di Bumi yang lebih sehat!

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *