Categories
Berkebun

Tanaman Sayuran Ini Bisa Kamu panen dalam Waktu yang Singkat Lho

Tanaman Sayuran Ini Bisa Kamu panen dalam Waktu yang Singkat Lho

Tanaman Sayuran Ini Bisa Kamu panen dalam Waktu yang Singkat Lho – Tanaman Sayuran adalah tanaman pokok yang dikonsumsi sebagai pendamping atau pengiring makanan pokok bersama dengan lauk. Tanaman Sayuran ini adalah succulent plant atau tanaman lunak yang separuh atau semua bagian-bagiannya bisa dikonsumsi dalam bentuk segar atau pun diolah terlebih dahulu dengan cara dimasak.

Cepat di sini yang dimaksud tentu saja bukan satu atau dua minggu saja, karena menumbuhkan tanaman juga perlu waktu. Untuk menanam sayuran dalam waktu singkat, kamu perlu waktu sekitar 30 hari sejak menanam hingga panen.

Kalau dihitung-hitung, dari awal kamu di rumah aja sampai sekarang harusnya sudah panen dong, ya? Daripada bosan di rumah aja, mending cobain aplikasi idn poker menanam sendiri lima sayuran di bawah ini. Sebagai tambahan, kamu gak perlu punya lahan yang luas buat menanamnya. Bahkan, di kosan atau apartemen pun bisa.

1. Wortel
1 f6be8b5b4d2633dcb2de33e1d6dfcb39 - Tanaman Sayuran Ini Bisa Kamu panen dalam Waktu yang Singkat Lho

Menanam wortel perlu waktu. Jika kamu punya waktu 30 hari saja untuk memanen tanaman, baby carrot bisa kamu dapatkan. Wortel yang masih imut dan muda enak kan dibuat sebagai side dish dari makan steak bikinan sendiri. Gak perlu repot untuk memotongnya dan rasanya lebih manis.

Tanam biji wortel di dalam tanah, dan siram secara rutin. Kalau kamu ragu untuk langsung menanamnya di dalam tanah, kamu bisa merendam terlebih dahulu bijinya. Lalu baru tanam ke dalam tanah. Bisa juga ke dalam gelas plastik bekas air mineral.

2. Kangkung
1 1320699713aab21a312902df222925f6 - Tanaman Sayuran Ini Bisa Kamu panen dalam Waktu yang Singkat Lho

Sayuran yang satu ini juga bisa dipanen dalam waktu 30 hari, lho. Kebayang gak sih segarnya kangkung yang dipetik langsung dari hasil tanam sendiri? Tanam biji kangkung ke dalam tanah, siram dan tunggu hingga 30 hari ke depan. Ingat, jika sudah tumbuh daun, siram secara rutin ya. Karena tanaman kangkung suka banget dengan air.

3. Daun bawang
1 bf731aa2735fcb4dc2454bd35dc89494 - Tanaman Sayuran Ini Bisa Kamu panen dalam Waktu yang Singkat Lho

Kamu bisa menanamnya di dalam tanah ataupun di air. Bisa menanam dari sisa memasakmu terdahulu, lho. Daun bawang akan tumbuh subur jika kebutuhan airnya terpenuhi. Hindarkan daun bawang dari sengatan matahari langsung agar tumbuh sehat dan subur serta gak ‘gosong’. Tiga sampai empat minggu kemudian, kamu sudah bisa memanen daun bawang untuk memasak.

4. Bayam
1 db48744048e75cab5d33c525683b8f2e - Tanaman Sayuran Ini Bisa Kamu panen dalam Waktu yang Singkat Lho

Menanam bayam mulai dari biji ternyata gak butuh waktu yang lama banget. Sekitar 4-5 minggu kamu bisa memanennya. Tanam biji bayam di dalam tanah, pot, atau polybag, siram secara rutin dan tunggu hingga tumbuh besar. Dengan sedikit kesabaran, kamu akan bisa memanen daun bayam segar langsung dari kebunmu.

5. Selada
1 41c1b46284f37faefce30f3316c6ff81 - Tanaman Sayuran Ini Bisa Kamu panen dalam Waktu yang Singkat Lho

Membayangkan enaknya daun selada segar yang crunchy dipanen dari kebun sendiri. Kamu bisa menanam selada dari sisa batangnya. Tumbuhkan di dalam air terlebih dahulu atau langsung menanamnya langsung di dalam tanah. Tanaman selada juga fleksibel kok, dia bisa ditanam secara konvensional atau hidroponik. Tinggal pilih yang paling mudah menurutmu. Sekitar 30 hari, selada bisa dipetik daunnya.

Wah, lumayan juga ya daripada gak ada kegiatan selama di rumah aja. Yang penting bukan jumlah sayuran yang bisa dipanen, namun kamu juga bisa berlatih lebih sabar dan telaten dalam merawat tanaman.

Categories
Gardening

Sayuran yang Bisa Ditanam Sendiri

Sayuran yang Bisa Ditanam Sendiri di Kebun Rumah, Coba Yuk!

Sayuran yang Bisa Ditanam Sendiri – Para ibu yang hobi memasak di rumah tentu mengidamkan kehadiran sebuah kebun sayur sendiri. Tujuannya sederhana, yaitu untuk mendapatkan sayur yang bebas dan pestisida dan tentunya menghemat uang belanja.

Kalau kamu pencinta sayuran dan hampir setiap hari makan sayuran, pasti pernah punya keinginan untuk bercocok tanam sayur-sayuran di kebun milik sendiri. Tapi terkadang keinginan tersebut terganjal oleh luas lahan yang tidak seberapa.

Jangan khawatir, sekarang bercocok tanam sayuran tak perlu di lahan seluas milik keluarga Ardiwilaga, karena kamu juga bisa menanam sayuran sendiri di lahan yang mungil dan sederhana.

Dari sekian banyak sayuran, kira-kira jenis sayuran apa saja yang memungkinkanmu untuk menanam dan memanennya sendiri?

Mentimun

Dilansir dari doelgercenter.com ketika ingin menanam mentimun, ketahuilah bahwa mereka membutuhkan banyak sinar matahari. Mentimun ideal untuk ditanam di ruang kecil, karena mereka dapat tumbuh secara vertikal. Bahkan kamu juga bisa mencoba menanam mentimun dalam pot berukuran sedang, tancapkan batang kayu di tengah pot agar batang mentimun bisa tumbuh vertikal mengikuti kayu.

Tomat

Tomat membutuhkan perawatan yang cukup intens karena tanaman ini rentan terhadap hama dan penyakit. Untuk menghindari masalah, pilih jenis tomat yang tahan penyakit. Juga, perhatikan bahwa tanaman tomat akan lebih rentan terhadap penyakit yang ditularkan melalui tanah dan mudah membusuk jika buahnya terlalu dekat dengan tanah.

Pestisida Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

Wortel

Bukan rahasia lagi bahwa wortel adalah sumber vitamin A yang baik. Agar dapat tumbuh dengan baik, wortel membutuhkan tanah lunak yang dikeringkan dengan baik. Jika tanah terlalu lembap, akan muncul banyak cacing tanah di kebunmu.

Paprika

Suhu hangat adalah kunci untuk menanam sayuran lezat ini, paprika bisa jadi campuran yang lezat untuk salad, pasta, hidangan daging, dan banyak lagi. Pastikan kamu memilih tanah berdrainase baik yang mengandung bahan organik juga agar pertumbuhan paprika bisa maksimal.

Jika kamu tinggal di lingkungan yang hangat, kamu bisa mulai menanam paprika di rumah sendiri.

Daun bawang

Jika ingin memiliki daun bawang tetapi tidak memiliki cukup ruang, kamu bisa menanamnya di dalam ruangan. Bahkan daun bawang bisa kamu tanam di pot kecil dan ditaruh di dekat jendela agar mendapat sinar matahari yang cukup.

Daun bawang bisa jadi topping yang nikmat untuk mi instan, nasi goreng, atau apa pun. Jadi rasanya tak ada alasan untuk tidak menanam daun bawang sendiri karena rasanya sangat lezat!

Itulah beberapa jenis sayuran yang bisa kamu coba untuk ditanam sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Categories
Sayuran Tanaman

7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang

Sayuran dan Rempah –  Tren bercocok tanam di rumah menjadi salah satu hobi baru yang digemari selama #dirumahaja. Bukan hanya sekadar mengisi waktu luang, hitung-hitung menanam sayuran, buah, hingga rempah bisa menjadi tambahan stok bahan makanan.

Bila sudah tumbuh subur, kamu bisa memanennya untuk dikonsumsi sebagai makanan atau bumbu masakan tambahan. Jadi lebih hemat, kan?

Sayangnya, bercocok tanam merupakan hal yang susah-susah gampang. Tak sedikit dari mereka yang mencoba kemudian menemui kegagalan di awal, dan berujung putus asa.

Tak perlu khawatir, buat kamu daftar s128 pulsa para petani pemula rumahan, cobalah menanam sederet sayuran atau rempah berikut. Selain lebih mudah ditanam, juga minim kegagalan. Yuk, langsung dicoba!

1. Daun bawang

1. Daun bawang - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Daun bawang merupakan tanaman yang paling cepat tumbuh kembali. Kamu juga enggak perlu repot-repot menyediakan media tanam khusus, cukup botol kaca dan air. Pastikan daun bawang yang hendak kamu tanam kembali masih memiliki akar dan sudah tumbuh tunas kecil. Jangan lupa untuk mengganti airnya setiap dua hingga tiga hari sekali supaya tidak membusuk.
Selain daun bawang, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk menumbuhkan kembali leek (sejenis daun bawang namun ukurannya lebih besar).

2. Selada

2. Selada - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Sama halnya dengan menanam daun bawang, siapkan gelas atau stoples kaca dan isi dengan 3/4 air. Kemudian, masukkan sisa potongan selada yang masih memiliki akar ke dalamnya. Bedanya, ketika daun mudanya mulai tumbuh kamu perlu memindahkannya ke media tanam baru yakni tanah.

3. Seledri

3. seledri - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Meski tampak mirip dengan daun bawang, tapi cara menanam seledri yang tepat persis seperti menumbuhkan kembali selada. Usai menguatkan akarnya dalam air dan gelas kaca, segera pindahkan ke tanah agar bisa tumbuh subur.

Baca juga: Makanan yang Dapat Menghancurkan Lemak di Tubuh

4. Daun ketumbar

4. ketumbar - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Nah, untuk daun ketumbar cara menanamnya cukup seperti menumbuhkan daun bawang. Kamu perlu memasukkan batang daun ketumbar yang masih memiliki akar dalam gelas kaca, lalu letakkan dekat jendela.
Supaya bisa tumbuh subur, sesekali letakkan di luar ruangan agar terkena sinar matahari pagi.

5. Serai

5. Sereh - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Buat kamu yang suka meminum teh serai, enggak perlu repot membelinya lagi, tanam saja sendiri di rumah. Caranya, pilih serai yang sudah mengeluarkan tunas atau daun muda baru. Lalu, letakkan dalam gelas kaca berisi air.
Memang ketika di tanam serai akar serai tak langsung terlihat seperti menanam seledri dan daun bawang. Dengan merendamnya dalam air, perlahan akar serai akan muncul. Jika sudah terlihat akarnya, segera pindahkan ke tanah, ya. Siramlah dua hari sekali agar serai segar dan tumbuh subur.

6. Sawi

6. sawi - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Kamu juga bisa menanam sawi hijau ataupun putih dengan bantuan air dan stoples bening. Caranya sama dengan ketika menanam selada. Ketika sudah muncul daun muda, pindahkan sayuran ini ke tanah. Jangan lupa untuk menyiramnya dua hari sekali agar sawi tetap segar.

7. Bawang-bawangan

7. bawang2an - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Terakhir, kamu bisa menanam bawang merah, ataupun putih sendiri di rumah. Caranya memang agak sedikit berbeda, potong setengah bagian bawang yang ujungnya agak lancip. Siapkan media tanam tanah, tancapkan setengah bagian bawang yang masih memiliki akar, lalu tutup kembali dengan tanah.
Siramlah dua hari sekali namun cukup hanya hingga tanahnya lembab saja. Pastikan juga kamu menyimpannya di area luar yang sejuk; jangan yang terlalu terkena matahari langsung.

Sumber: Kumparan.com

Categories
Perkebunan Sayuran Tanaman

#DiRumahAja, Yuk Isi Waktu Luang Dengan Menanam Sayuran yang Cepat Panen Ini!

#Jenis Tanaman Sayuran yang Cepat Panen Di Rumah

#DiRumahAja – Saat ini, masyarakat diimbau untuk melakukan social distancing dengan tetap berada di rumah selama kurang lebih 14 hari karena adanya wabah COVID-19. Di masa-masa seperti ini, mungkin kamu akan kesulitan untuk mencari bahan makanan karena takut terkena virus COVID-19 saat pergi ke luar rumah. Namun, jangan khawatir karena ada tanaman sayuran cepat panen yang penanamannya #BisaDiRumah.

Tak hanya cepat panen, pertumbuhan dari tanaman sayuran ini pun bisa kamu cek secara berkala di rumah serta mendukung gerakan urban farming. Nah, penasaran apa saja tanaman sayuran cepat panen yang bisa di tanam di rumah? Berikut ini, Kania akan membagikan enam tanaman sayuran cepat panen yang layak kamu coba. Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

Tanaman Sayuran Kangkung

ts1 seikat tanaman sayuran kangkung 768x513 - #DiRumahAja, Yuk Isi Waktu Luang Dengan Menanam Sayuran yang Cepat Panen Ini!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi ‘kan dengan tanaman sayuran kangkung? Tanaman sayuran ini termasuk salah satu yang paling sering ditemukan dimana-mana dan merupakan menu makan siang favorit yang kerap disajikan ibu rumah tangga. Teknik menanam tanaman sayuran kangkung ini sangat sederhana dan mudah. Pertama-tama, kamu bisa memilih jenis kangkung darat agar lebih cepat panen.

Setelah itu, lakukanlah penyebaran bibit kangkung steril pada media tanam yang sudah gembur. Ikuti juga dengan pemupukan, penyiraman, dan perawatan memberantas gulma secara berkala. #dirumahaja Tanaman sayuran kangkung ini bisa panen dengan rata-rata waktu 25 hari saja.

Tanaman Sayuran Selada

ts sebuah pot berisi tanaman sayuran selada - #DiRumahAja, Yuk Isi Waktu Luang Dengan Menanam Sayuran yang Cepat Panen Ini!

Bagi kamu yang suka mengonsumsi salad, coba deh menanam tanaman sayuran selada di rumah. Selada sering ditanam secara konvensional maupun hidroponik. Tanaman sayuran ini butuh waktu sekitar 20-30 hari sampai akhirnya panen.

Siapkan bibit selada yang berkualitas dan juga media tanam beserta pupuknya. Untuk wadahnya, lebih disarankan kamu menggunakan pot tanaman yang sudah dilubangi pada bagian bawahnya supaya tanaman sayuran selada dapat tumbuh subur. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari, ya! #dirumahaja

Tanaman Sayuran Bayam

ts3 sebuah pot berisi tanaman sayuran bayam 768x449 - #DiRumahAja, Yuk Isi Waktu Luang Dengan Menanam Sayuran yang Cepat Panen Ini!

Sayuran bayam organik bisa siap dipanen dalam waktu 15 hari saja, asalkan kamu menanamnya dengan tepat. Tanaman sayuran bayam dapat tumbuh optimal apabila terkena paparan sinar matahari yang cukup, tidak kurang dari tujuh jam setiap harinya.

Baca juga: Manfaat Kantong Semar Sebagai Tanaman Herbal

Selain itu, tanaman sayuran ini juga membutuhkan perawatan tanaman yang tepat. Oleh karena itu, kamu harus lakukan penyiraman secara tepat, yaitu dua kali sehari pada masa kecambah dan satu kali sehari sampai bertumbuh dewasa. Jangan lupa, optimalkan juga dengan memberikan pupuk dasar dan pupuk susulan pada tanaman sayuran ini.

Tanaman Sayuran Sawi Hijau

ts4 kumpulan tanaman sayuran sawi hijau 768x576 - #DiRumahAja, Yuk Isi Waktu Luang Dengan Menanam Sayuran yang Cepat Panen Ini!

Tanaman sayuran sawi hijau adalah jenis tanaman yang bisa tumbuh dimana saja, termasuk taman rumah minimalis milikmu. Kemampuannya untuk tumbuh tergolong sangat mudah, asalkan tersedia cukup air. Selain itu, budidaya tanaman sayuran sawi hijau ini pun tidak begitu mementingkan suhu.

DirumahAja, Nunggu Sayurannya Panen

Akan tetapi, memang untuk mendukung panennya, jenis tanaman sayuran ini tetap harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Rata-rata tanaman sayuran sawi hijau ini bisa dipanen dalam kurun waktu 40-45 hari. Saat dipanen, tanaman sayuran ini sangat segar dan bisa dikonsumsi sesuai resep keluarga.

Tanaman Sayuran Bawang Putih

ts5 seseorang sedang memanen tanaman sayuran bawang putih 768x424 - #DiRumahAja, Yuk Isi Waktu Luang Dengan Menanam Sayuran yang Cepat Panen Ini!

Belum sah jika belum ada bumbu dapur bawang-bawangan di menu makanan sehat. Selain digunakan sebagai bahan makanan di rumah, bawang putih juga berguna sebagai cara mengusir ular, nyamuk, dan binatang pengganggu rumah lainnya.

Tanaman sayuran bawang putih ini bisa ditanam secara sederhana di rumahmu. Caranya adalah dengan menyediakan sebuah pot kecil, lalu masukkan beberapa potong bagian bawah bawang putih yang masih berakar. Setelah itu, timbun dengan tanah hingga menutup secara merata dan sempurna, kemudian siram dengan air secukupnya. Dalam hitungan beberapa hari, tanaman sayuran bawang putih sudah bisa kamu nikmati.

Tanaman Sayuran Lobak.

ts6 kumpulan tanaman sayuran lobak 768x576 - #DiRumahAja, Yuk Isi Waktu Luang Dengan Menanam Sayuran yang Cepat Panen Ini!

Beberapa jenis tanaman lobak sudah bisa panen hanya dalam tiga minggu, lho! Uniknya, tanaman sayuran lobak ini hanya membutuhkan sedikit lahan di kebunmu. Kamu bisa mencoba menanam tanaman sayuran lobak putih untuk mendapatkan manfaat kandungan gizi berupa multivitamin dan juga beta carotene #dirumahaja

Dalam proses penanamannya, kamu bisa menggunakan polybag untuk pembibitan. Setelah itu, pindahkan ke tanah dengan sedikit jarak supaya tanaman lobak bisa tumbuh dengan subur dan optimal.

Itulah enam tanaman sayuran cepat panen yang bisa kamu tanam di rumah. Dengan demikian, selama masa social distancing ini, kamu tidak akan kekurangan bahan makanan karena bisa langsung memanennya di kebun rumahmu.

Selain bercocok tanam, cari juga kegiatan positif #bisadirumah lainnya agar kamu tetap produktif selama berdiam diri di dalam rumah. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan diri dengan cuci tangan menggunakan sabun secara berkala. Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, kamu bisa menggunakan hand sanitizer sebagai alternatifnya. Selamat menanam dan selamat panen di rumah!

Sumber:  Dekoruma.com