Categories
Tanaman Tanaman Herbal Tanaman Hias

Tak Hanya untuk Aromaterapi, Ini Khasiat Kenanga untuk Kesehatan Kulit dan Rambut Anda

Tak Hanya untuk Aromaterapi, Ini Khasiat Kenanga untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Kenanga – ylang-ylang atau kenanga adalah bunga penghasil minyak asiri yang banyak digunakan sebagai bahan dasar wewangian. Selain bermanfaat sebagai aromaterapi, kenanga juga daftar s128 memiliki beragam khasiat untuk kesehatan kulit dan rambut. Penasaran apa saja manfaat dari tanaman asal Madagaskar yang banyak ditemukan di Jawa dan Sumatera ini? Scroll down untuk tahu jawabannya!

Memberikan manfaat anti-aging untuk kulit

32 kenanga2.jpg - Tak Hanya untuk Aromaterapi, Ini Khasiat Kenanga untuk Kesehatan  Kulit dan Rambut Anda

Kenanga memiliki kemampuan memperbaiki tampilan kulit menua dengan cara membantu mempercepat regenerasi kulit, serta memberikan efek mengencangkan yang dapat memudarkan tampilan garis halus dan keriput. Tak hanya itu, bunga ini juga kaya akan anti-oksidan dan memiliki komponen anti-inflamasi yang dapat meminimalisir dampak buruk dari sinar matahari, polusi, hingga kandungan kosmetik.

Menjaga keseimbangan kulit

651 kenanga.jpg - Tak Hanya untuk Aromaterapi, Ini Khasiat Kenanga untuk Kesehatan  Kulit dan Rambut Anda

Khasiat kenanga berikutnya adalah membantu menjaga keseimbangan kulit dengan cara mengontrol produksi sebum. Baik itu kulit berminyak ataupun kering, bahan alami ini dapat memperbaiki jumlah sebum yang diproduksi kelenjar minyak agar kulit wajah mendapatkan kelembapan yang pas dan senantiasa sehat.

Membersihkan kulit

315 kenanga1.jpg - Tak Hanya untuk Aromaterapi, Ini Khasiat Kenanga untuk Kesehatan  Kulit dan Rambut Anda

Ekstrak kenanga kaya akan kandungan anti-bakteri, sehingga efektif bila digunakan sebagai pembersih wajah. Tak hanya itu, kandungan anti-bakteri ini juga dapat melawan infeksi dan membantu proses penyembuhan pada sel kulit. Untuk merasakan khasiat ini, Anda bisa menggunakan facial wash atau toner dengan kandungan kenanga.

Baca juga: Fakta Menarik Buah Kelapa, Bahan Masakan Wajib untuk Makanan Hari Raya

Melembabkan Kulit kepala kering

572 kenanga4.jpg - Tak Hanya untuk Aromaterapi, Ini Khasiat Kenanga untuk Kesehatan  Kulit dan Rambut Anda

Tak hanya untuk kulit wajah, kenanga juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Bunga berwarna kuning kehijauan ini cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit kepala kering berkat kemampuannya menstimulasi produksi sebum. Mengingat kulit kepala kering dapat membuat rambut menjadi kering dan rapuh, bahan alami ini juga dapat memperbaiki tekstur rambut dan mengurangi rambut rontok. Untuk menggunakannya, campurkan 5 tetes minyak esensial kenanga dengan dua sendok teh carrier oil hangat. Pijat ke kulit kepala, lalu bungkus rambut menggunakan handuk panas. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Membasmi kutu rambut

455 kenanga3.jpg - Tak Hanya untuk Aromaterapi, Ini Khasiat Kenanga untuk Kesehatan  Kulit dan Rambut Anda

Tidak semua orang cocok dengan obat kutu yang dijual di pasaran karena sifatnya yang terlalu keras untuk kulit. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan minyak esensial ylang-ylang untuk membasmi kutu. Satu hal yang penting diingat, kandungan ini berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada kulit kepala, khususnya anak-anak. Maka itu, Anda perlu mencampurkannya dengan carrier oil berupa minyak kelapa dan cuka apel.

Sumber: JournalSociolla.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *