Categories
Tanaman

Tanaman rumah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan

Tanaman rumah banyak manfaat nya

Tanaman rumah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan – Tanaman dalam ruangan bisa memberikan kesan sejuk dan natural yang bisa membuat kita merasa nyaman saat berada di dalam rumah. Dengan cuaca dan kondisi yang sangat panas seperti di daerah Indonesia ini, penambahan tanaman dalam ruangan niscaya bisa membantu rumah lebih adem lagi.

Salah satu manfaat tanaman hias yang masih belum banyak diketahui orang adalah kemampuan untuk menyerap racun di udara.

bagi Anda yang tinggal di lingkungan yang berudara kurang baik, bisa mencoba memanfaatkan tanaman-tanaman berikut menyegarkan udara di sekitar rumah.

Berikut tanaman hias penyerap racun udara rumah yang ampuh segarkan udara

Bunga Krisan

Bunga Krisan atau dikenal juga sebagai bunga Seruni adalah bunga wangi dan cantik dengan beragam warna seperti merah, kuning, ungu, putih dan oranye.

Ternyata, bunga Krisan atau Seruni mempunyai kemampuan menyerap berbagai zat berbahaya seperti benzena, formalin/formaldehyde, amonia, dan xylene.

Keindahan warna, aroma dan manfaat dari bunga Krisan membuat bunga ini cocok ditempatkan sebagai tanaman hias di dalam rumah ataupun area taman.

Kaktus Pereda Radiasi

Meski kecil dan berduri, ternyata kaktus mengeluarkan manfaat kesehatan yang besar. Tanaman yang mudah dirawat ini bisa mengurangi efek radiasi layar komputer dan alat elektronik lainnya.

Cocok untuk diletakkan di meja kerja Anda atau sekaligus penghias hunian mungil di tengah kota, seperti apartemen. Jadi bila Anda sedang mencari apartemen baru namun suka dengan tanaman, kaktus dapat menjadi solusinya.

Lidah Mertua (Sansevieria)

Bunga bernama Latin Sansevieria ini ternyata memiliki banyak nama berbeda di dunia.

Di Indonesia dikenal sebagai Lidah Mertua dan pedang-pedangan, sementara nama internasionalnya ada snake plant, snake tongue dan devil’s tongue.

Berdasarkan penelitan NASA pada tahun 1999, diketahui bahwa bunga ini dapat menyerap berbagai racun seperti formaldehid, benzena dan trikhloroetana.

Bunga Peace Lily (Spathiphyllum)

Sahabat 99 pasti sudah tidak asing juga dengan bunga ini kan?

Meskipun bernama Lily, sebetulnya bunga ini berbeda jenis dengan Lily yang sebenarnya, lho.

Bunga Peace Lily memiliki kemampuan menyerap zat-zat berbahaya dalam udara seperti formaldehid, benzena, trichloroethylene, toluena, dan xilena.

Di banyak tempat, Peace Lily dijadikan penghias ruangan dalam rumah atau kantor karena bunga ini tidak memerlukan banyak sinar matahari.

Palem Netralisir Rokok

Palem yang Anda letakkan dalam pot cantik dalam ruangan akan mencuri perhatian tersendiri. Selain menekankan unsur visual hunian bergaya tropis dan mediteranian, tanaman palem dapat menetralisir zat berbahaya dari asap rokok, seperti seperti formaldehida, benzena, dan karbonmonoksida.

Lidah Buaya Pembersih Ruangan

Manfaat lidah buaya kini sedang naik daun di industri perawatan kulit. Tapi, lidah buaya sudah dikenal sebagai tanaman dalam ruangan yang memberi manfaat. Lidah buaya dikenal sebagai pembersih udara ruangan. Menurut penelitian, satu pot lidah buaya hampir setara dengan sembilan pembersih udara biologis.

Bisa dibayangkan betapa hebatnya lidah buaya dalam menyerap menyerap formaldehida monoksida, karbon dioksida dan karbon monoksida di dalam ruangan. Bahkan, saat jumlah racun di udara melebihi jumlah racun sehat dalam ruangan maka lidah buaya akan memberikan sinyal dengan munculnya bintik hitam pada sekujur tubuh runcingnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *