Categories
Tanaman Herbal

Tanaman rumahan yang bisa dijadikan sebagai obat

Tanaman obat yang bermanfaat

Tanaman rumahan yang bisa dijadikan sebagai obat – Jenis tanaman obat mudah ditemukan di sekitar kita. Tanaman obat biasanya diramu dan disajikan untuk penyembuhan penyakit. Beragam jenis tanaman obat dapat Anda manfaatkan.

Tanaman-tanaman obat yang berada di sekitar Anda memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Anda pun dapat mencoba menanam tanaman obat di pekarangan Anda. Selain bermanfaat bagi tubuh, pekarangan rumah Anda akan terlihat lebih asri.

Tanaman Obat dan Manfaatnya dari Tumbuhan Berbuah

Alpukat

apakah di rumahmu ada pohon alpukat? Saat sudah dipanen, enaknya buah tersebut dimakan dengan krimer kental manis atau dijadikan jus.

Di balik rasanya yang begitu lezat, ternyata buah ini pun termasuk sebagai tanaman herbal yang baik untuk tubuh.

Beberapa kandungan baik yang dimiliki alpukat antara lain:

  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Lemak baik.

Lemak baik di dalam alpukat memiliki manfaat baik pada sistem kardiovaskular.

Selain itu memakan alpukat juga dapat meminimalisir inflamasi pada sistem pencernaan dan dinding perut.

Belimbing Wuluh

Jangan bayangkan belimbing ini mempunyai bentuk seperti belimbing pada umumnya. Belimbing wuluh yang dikenal juga dengan sebutan belimbing sayur karena sering digunakan sebagai bumbu masakan untuk memberikan rasa asam yang kuat.

Fungsi lain dari belimbing wuluh selain sebagai bumbu masakan adalah untuk obat tradisional. Mulai dari buah, batang, daun dan bungannya bisa digunakan sebagai obat. Belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati gusi berdarah, obat rematik, obat godongan, obat sariawan, obat pegel linu serta bisa digunakan sebagai obat sakit gigi.

Temu lawak

Temulawak merupakan tanaman rempah asli Indonesia yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bagia akar atau sering juga disebut dengan rimpang. Bagian inilah yang sering diolah untuk dijadikan sebagai obat berbagai penyakit.

Khasiat dari tanaman temulawak adalah untuk mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan hati. Sebenarnya masih banyak jenis penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan tanaman obat ini. Apalagi bila penggunaannya dikombinasikan dengan tanaman obat lain, tentu khasiatnya akan semakin terasa.

Daun Cincau

Pastinya kalian sudah tidak asing dengan tanaman ini bukan? Ya, tanaman yang sering diolah menjadi es cincau ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun cincau pada umunya ada 2 jenis yakni yang berwarna hijau dan hitam, keduanya memiliki rasa yang sama-sama lezat dan adem.

Manfaat dari tanaman obat yang satu ini adalah sebagai obat demam, obat diabetes militus, radang lambung, dan mengobati sakit types. Wah luar biasa ya?Bisa jadi ini salah satu tanaman obat yang memiliki rasa yang lezat.

Jahe

Salah satu jenis tanaman obat yang kerap digunakan untuk pembuatan jamu atau obat tradisional yaitu jahe. Jahe mengandung senyawa aktif kuat bernama gingerol.

gerol memiliki manfaat dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti mual muntah, sakit perut, vertigo, nyeri haid serta nyeri sendi. Selain itu, gingerol juga diketahui dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar serta membantu menurunkan berat badan.

Apabila Anda ingin menggunakan jahe sebagai obat herbal, sebaiknya pilih jahe yang segar. Hal ini dikarenakan jahe segar mengandung senyawa gingerol yang kuat dibanding jahe bubuk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *