Categories
Home

Tanaman Sayur yang Cocok di Rumah

Menyontek Kebun Artis, Ini Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam di Rumah

Tanaman Sayur yang Cocok di Rumah – Memiliki kebun sendiri di rumah akan memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah menekan pengeluaran untuk membeli beragam sayur dan keperluan dapur lainnya yang bisa ditanam di kebun rumah.

Melakukan karantina mandiri dan physical distancing membuat masyarakat mencari hobi-hobi baru untuk dilakukan di rumah. Salah satunya adalah berkebun. Inilah tren baru yang banyak dilakukan untuk mengusir rasa bosan selama pandemik COVID-19 merebak.

Tak mau ketinggalan, para artis pun ikut serta membagikan momen-momen berkebun mereka. Pada umumnya, jenis tanaman yang dipelihara adalah tanaman sayur dan buah. Sebab mereka dapat dipanen, hasil jerih payah saat merawatnya pun terbayarkan saat masa itu tiba. Jarang-jarang, kan, bisa mengonsumsi tumbuhan yang kita tanam sendiri?

Apakah kamu ingin mencoba berkebun? Berikut ini tanaman sayur yang cocok dipelihara di rumah, terinspirasi dari para artis tanah air. Siap-siap panen banyak, ya!

Bok choy dan kale hidroponik ala Atiqah Hasiholan

Sering membagikan momen berkebunnya ke media sosial, Atiqah Hasiholan tampak menanam sayur bok choy di rumahnya bersama dengan sang buah hati. Ia menggunakan teknik hidroponik, yaitu menanam menggunakan media air. Teknik ini cocok diterapkan di wilayah perkotaan yang lahannya terbatas.

Bok choy adalah tumbuhan yang cukup mudah untuk ditanam di wilayah perkotaan. Mereka memang tumbuh secara pesat di lingkungan sejuk. Namun ternyata di area yang terik, bok choy juga bisa bertahan hidup walaupun memakan waktu yang lebih lama untuk dipanen, yakni sekitar 40 sampai 60 hari setelah disemaikan.

Sayuran ini tidak membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra

Bayam ala Giring

Eks vokalis band Nidji, Giring juga ikut serta dalam tren berkebun sayur dari rumah. Ia membagikan foto bersama dengan istrinya, Cynthia Riza yang sedang memanen bayam dari green house miliknya.

Bayam adalah sayuran hijau berikutnya yang bisa kamu tanam di rumah. Media yang dipakai pun bisa bervariasi, mulai dari tanah hingga hidroponik. Bayam suka area yang subur, jadi jangan lupa berikan pupuk kandang atau pupuk kompos untuk menutrisinya, ya. Setelah 40 hingga 45 hari dari penyemaian benih, bayam akan siap dipanen.

Caisim ala Jordi Onsu

Bercocok tanam di rumah ternyata juga dilakoni oleh Jordi Onsu. Ia bahkan rela menyempatkan diri untuk belajar dari Ayudia Bing Slamet demi membuat rooftop garden-nya sendiri.

Caisim adalah sejenis sawi bertangkai panjang yang memiliki daun berwarna putih kehijau-hijauan. Pada umumnya, tumbuhan ini hidup di area dataran tinggi, namun tak ada salahnya untuk menanamnya di rumah.

Yang paling penting adalah kamu harus menjaga pH tanah berkisar antara 6 sampai 7. Sebab di media tersebutlah caisim dapat hidup. Untuk penyiraman, kamu bisa melakukannya sehari sekali. Selain itu, hindarkan caisim dari gulma juga agar tumbuhnya maksimal.

Itu tadi sejumlah tanaman sayur dari kebun para artis yang bisa menjadi inspirasimu untuk bercocok tanam. Kunci dari berkebun adalah konsistensi. Jangan lelah dan menyerah di tengah jalan karena semuanya butuh proses. Justru proses itu yang membuat berkebun jadi menyenangkan, lho! Semoga kamu cepat panen, ya!