Categories
Gardening

Tips Estetik Menyulap Kebun Kecil di Rumah Jadi Makin Indah

Tips Estetik Menyulap Kebun Kecil di Rumah Jadi Makin Indah

Tips Estetik Menyulap Kebun Kecil di Rumah Jadi Makin Indah – Kebun dalam pengertian di Indonesia adalah sebidang lahan, biasanya di tempat terbuka, yang mendapat perlakuan tertentu oleh manusia, khususnya sebagai tempat tumbuh tanaman. Pengertian kebun bersifat umum karena lahan yang ditumbuhi tumbuhan secara liar juga dapat disebut kebun, asalkan berada di wilayah permukiman. Dalam keadaan demikian, kebun dibedakan dari hutan dilihat dari jenis dan kepadatan tumbuhannya.

Dalam ungkapan sehari-hari, kebun sering kali digunakan untuk menyebut perkebunan (seperti “kebun karet” atau “kebun kelapa”) terutama bila ukurannya tidak terlalu luas dan tidak diusahakan secara intensif komersial. Kata kebun juga dipakai untuk menyebut pekarangan dan taman. Kebun dapat merupakan suatu pekarangan, tetapi tidak selalu demikian. Keseluruhan atau sebagian kebun dapat ditata menjadi taman.

Kebun dalam pengertian di Indonesia biasanya tidak memiliki sistem apk open card asia budidaya yang intensif dan sekadar menjadi tempat untuk menumbuhkan tanaman serta pengumpulan hasil panen. Tidak ada fasilitas penyortiran atau pengemasan yang tersedia di lahan tersebut. Agar kebun mungil di rumahmu jadi lebih nyaman dan estetik, kamu perlu memperhatikan pemilihan furnitur dan dekorasinya. Penasaran apa saja tipsnya? Simak artikel berikut!

1. Gunakan furnitur berwarna cerah dan hiasi kebun dengan tanaman berwarna-warni
1212d45385c5552e1fc8dfd3bbcba9e5 84f32939cb2c6e64cdbbdd5daddcf78a - Tips Estetik Menyulap Kebun Kecil di Rumah Jadi Makin Indah

Pemilihan furnitur berwarna cerah bisa membuat kebunmu tampak lebih fun sekaligus lega. Coba deh pilih warna putih atau pastel untuk furnitur yang ingin kamu letakkan di sana!

Selain itu, biar makin estetik, kamu juga bisa pilih tanaman-tanaman bunga yang berwarna-warni. Dijamin, kebun rumahmu bakal jadi spot foto yang ciamik!

2. Jangan lupa untuk sediakan space kecil untuk tempat minum atau makan hewan liar yang mungkin datang ke kebunmu
barrelbird 4b5b8916adb7abb4809e85bfef4c76af - Tips Estetik Menyulap Kebun Kecil di Rumah Jadi Makin Indah

Dengan menyediakan lahan khusus untuk tempat minum dan makan hewan liar seperti burung, kebunmu akan tampak lebih hidup! Pasang bird box berukuran kecil dan letakkan di tengah kebun untuk mempermanis tampilannya.

3. Gunakan furnitur yang bersifat portable dan bisa dipindahkan dengan mudah
ezgif 4 4cfee4f73c04 6f290db3668f46d2161ee9ca5c316567 - Tips Estetik Menyulap Kebun Kecil di Rumah Jadi Makin Indah

Untuk lahan yang minimalis, kamu bisa pilih furnitur yang sifatnya portable. Jadi kalau sewaktu-waktu ingin mengubah dekorasi kebun, kamu akan lebih mudah memindahkannya.

Selain itu, bila ingin menggelar acara kecil di sana, kamu juga bisa menggeser furnitur tersebut ke ruangan lain untuk membuat kebunmu jadi lebih lega.

4. Gunakan pot tanaman beragam ukuran
ezgif 4 6d3702f43b26 cefbc431010929db6f071dcd86778bd4 - Tips Estetik Menyulap Kebun Kecil di Rumah Jadi Makin Indah

Kebun kecil akan tampak lebih manis dengan beragamnya jenis dan ukuran pot tanaman yang digunakan. Kamu bisa susun pot-pot tanamanmu sesuai ukurannya dengan bentuk vertikal.

Selain tanaman hias, kamu juga bisa gunakan tanaman herbal lho! Selain tampak cantik, pastinya juga akan bermanfaat.

5. Ciptakan nuansa kebun yang terbuka agar pencahayaan natural bisa masuk. Pasang string lights untuk dinyalakan pada malam hari
ezgif 4 7fb2733bb010 2e356c56ca7c5238e6cfaedc2409dc96 - Tips Estetik Menyulap Kebun Kecil di Rumah Jadi Makin Indah

Dengan dekorasi kebun yang bernuansa terbuka, kamu bisa ciptakan suasana yang lebih lega dan nyaman. Selain itu, penting banget buat memaksimalkan pencahayaan alami di kebunmu.

Untuk malam hari, kamu bisa hias kebunmu menggunakan string lights atau yang sering disebut juga sebagai lampu tumbler. Gemerlap cahayanya akan bikin kebunmu tampak lebih menawan!

6. Gunakan konsep vertical garden untuk memaksimalkan ruang kosong
diy vertical garden with drip watering system 9 263a1ece56cabf4fa532457303957092 - Tips Estetik Menyulap Kebun Kecil di Rumah Jadi Makin Indah

Pasang rak tinggi di dinding atau gunakan tangga tak terpakai. Lalu, manfaatkan furnitur tersebut sebagai vertical garden.

Atau, kamu juga bisa pasang rak gantung dengan model bertumpuk untuk mempermanisnya. Trik ini ampuh banget buat memaksimalkan ruang di kebun kecilmu!

7. Letakkan sofa dan bantal-bantal di sudut kebun untuk jadi spot pewe di rumahmu!
1l9a9518 91d844290d7bc1937487a18cb2aa2fb1 - Tips Estetik Menyulap Kebun Kecil di Rumah Jadi Makin Indah

New normal membuat kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Untuk suasana baru, kamu bisa buat ruang bersantai keluarga di kebun rumah.

Letakkan sofa kecil dan bantal-bantal untuk menjadi pojok nyaman di sana. Lalu, tinggal hias sesuai selera dekorasimu deh!

8. Atau, kamu juga bisa letakkan meja makan berukuran kecil dan kompor BBQ di kebun
ezgif 4 12e461ffb5c8 d6e30ebcdec1aa4634fdd6ced92e1123 - Tips Estetik Menyulap Kebun Kecil di Rumah Jadi Makin Indah

Agar setiap space di kebunmu digunakan secara optimal, kamu harus kreatif memikirkan apa saja fungsi dari tempat tersebut. Salah satunya yang bisa kamu buat adalah ruang makan kecil.

Letakkan meja dan kursi makan berukuran mini dengan pilihan warna yang cerah. Lalu, kamu juga bisa pasang kompor barbeque di sampingnya.