Categories
Home

Tips Membuat Acar di Rumah

Tips Membuat Acar di Rumah, Mudah dan Segar!

Tips Membuat Acar di Rumah – Acar adalah salah satu makanan pendamping yang biasa di sajikan dalam hidangan-hidangan Indonesia. Acar di Indonesia pada umumnya terbuat dari timun, yang difermentasikan dengan air cuka. 

Menu acar tentunya menjadi salah satu olahan yang sudah tak asing lagi untukmu. Olahan acar ini terkenal dengan sensasi rasa yang segar dan pada umumnya menggunakan ragam sayuran. Tak sulit membuat acar sendiri di rumah selama cara yang dilakukan dan bahan yang digunakan tepat.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips membuat acar, berikut lamarieeenfolie.com membagikan daftarnya.

Persiapkan bahan-bahan yang berkualitas

Untuk memperoleh hasil olahan yang maksimal, tentunya kamu juga harus mempersiapkan bahan-bahan yang berkualitas. Ketika menggunakan bahan-bahan berkualitas, maka cita rasa dan tampilan dari acar pun akan maksimal. Kamu juga dapat menentukan jenis sayuran seperti apa yang akan digunakan.

Memotong bahan makanan dalam ukuran kecil

Dalam membuat acar, biasanya sayuran atau bahan makanan yang digunakan memiliki ukuran yang relatif kecil agar memudahkan saat dikonsumsi. Tak heran bila kemudian kamu perlu memotong sayuran menjadi bagian yang kecil-kecil. Untuk timun dan wortel, dapat dipotong berbentuk dadu ataupun seukuran korek api.

Campurkan dengan bahan pelengkap

Tentunya untuk memaksimalkan cita rasa dari acar, kamu perlu mempersiapkan beberapa bahan-bahan pendukung lainnya, antara lain gula, cuka, dan air hangat. Campurkan semua bahan-bahan bersama dengan potongan sayuran hingga merata. Dengan begitu, maka akan lebih mudah meresap pada sayuran yang digunakan.

Masukan ke dalam kulkas

Setelah mencampurkan aneka sayuran bersama dengan air hangat, cuka, dan gula, maka kamu dapat langsung meletakan acar ke dalam kulkas. Diamkan selama kurang lebih empat jam agar nantinya bahan-bahan yang digunakan akan meresap lebih maksimal. Nantinya memang acar akan lebih sedap bisa dinikmati ketika masih dingin.

Sajikan selagi dingin bersama aneka menu makanan

Apabila kamu telah selesai dalam membuat acar, maka kamu dapat langsung menyajikannya bersama dengan aneka menu makanan. Acar akan lebih segar dan lezat apabila disajikan selagi dingin. Kesegaran dan rasanya yang sedikit kecut memberikan kesan rasa tersendiri.

Nah, aneka tips di atas dapat menjadi referensi untukmu bila tertarik membuat menu acar sendiri di rumah. Mudah banget, kan?