Categories
Home

Tips Membuat Pasta Sendiri di Rumah

Tips Membuat Pasta Sendiri di Rumah, Dijamin Cita Rasanya Juara!

Tips Membuat Pasta Sendiri di Rumah – Pasta buatan sendiri membutuhkan cukup banyak waktu untuk dibuat, tetapi Anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana dan sedikit kesabaran. Pasta juga mudah diubah sesuai selera.

Olahan pasta memang jenis menu populer yang ada di Indonesia, meskipun olahan ini pada dasarnya berasal dari Italia. Ada beragam jenis menu pasta yang tentunya dapat dinikmati. Bila biasanya pasta hanya dapat dibeli di restoran-restoran atau secara instan, kamu juga bisa lho membuat sendiri di rumah dengan cita rasa yang tak kalah juara.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips membuat pasta di rumah, berikut di rangkum oleh koocopy.com. Catat, ya!

Persiapkan bahan-bahan berkualitas

Sebelum memulai proses pengolahan, pastikan bahwa kamu telah mempersiapkan bahan-bahannya. Untuk bahan-bahan sebenarnya sangat sederhana, yaitu tepung terigu, telur, minyak zaitun, dan air.

Terigu yang digunakan adalah terigu berprotein tinggi agar memiliki tingkat kekenyalan yang baik. Pastikan kamu telah memahami takarannya. Campurkan semua bahan, namun jangan sampai terlalu kering atau terlalu basah.

Letakkan di lemari pendingin selama satu jam

Setelah proses pencampuran adonan selesai, ada baiknya untuk meletakkan adonan ke dalam kulkas selama satu jam. Tujuannya adalah untuk membuat adonan menjadi lebih kenyal dan mudah untuk dibentuk nantinya. Dengan begitu, maka hasilnya pun juga akan maksimal.

Bentuk pasta sesuai dengan selera

Ada banyak sekali ragam pasta dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Sebut saja seperti ravioli, linguini, fettuccini, spaghetti, dan lain sebagainya. Kamu dapat membentuk pasta sesuai dengan pilihan dan kemampuanmu. Tak perlu takut gagal selama kamu melakukannya dengan benar.

Pencampuran Adonan Sampai Konsistensi yang Tepat

Rebus pasta dengan sedikit tambahan minyak

Setelah pasta telah selesai dibuat, maka selanjutnya kamu dapat merebusnya. Tak butuh waktu lama untuk merebus pasta, yaitu sekitar 3 menit untuk jenis-jenis pasta yang tipis.

Namun, idealnya merebus pasta dapat dilakukan hingga memiliki tekstur al dente atau masih sedikit keras, tapi kenyal. Jangan lupa untuk menambahkan minyak agar nantinya pasta tak lengket.

Sajikan dengan saus pilihanmu

Selain banyaknya ragam pasta, ada pula beragam saus pasta yang dapat dipilih. Aneka saus tersebut terbuat dari bahan-bahan yang berbeda dengan cita rasa yang juga khas. Kamu dapat mencampurkan pasta dengan saus sebelum akhirnya siap disajikan.

Nah, aneka tips di atas semoga dapat membantumu dalam membuat pasta sendiri di rumah dengan cita rasa yang gak kalah juara. Mudah dilakukan, bukan?