Categories
Tumbuhan

Tumbuhan Liar yang Bisa Dijadikan Obat

Tanaman Liar Bisa jadi Obat

Tumbuhan – Di Indonesia memiliki banyak sekali ragam Flora, maka tak heran jika Indonesia nmemiliki tumbuhan yang dijadikan untuk obat. Saat ini, tanaman obat bahkan dibudidayakan. Di kota-kota dengan lahan yang sedikit, masyarakat mulai melihat bahwa tanaman obat sangat penting. Tanaman obat yang dibudidayakan ini disebut dengan tanaman obat keluarga atau disingkat TOGA.

Baca juga : 7 Tanaman Paling Berbahaya di Dunia

TOGA dimaksudkan agar terwujud prinsip kemandirian pengobatan kelurga dalam masyarakat. Tanaman obat keluarga juga sebagai pendidikan bagi anak-anak bahwa sekitar rumah banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat dan pentingnya obat-obatan tradisional di negara subur ini.

Diolah dari berbagai sumber, berikut merahputih.com menyajikan 10 tumbuhan liar sekitar rumah yang bisa dijadikan obat.

Kecibeling

Tumbuhan ini memiliki berbagai nama di setiap daerajhnya. Jawa disebut Enyok kelo, Betawi Picah beling, banten Kibeling. Tumbuhan bernama lati strobilanthes crispus ini berasal dari Madagaskar dan menyebar hingga Indonesia dan Malaysia.

Tumbuhan semak ini biasa dijadikan pagar hidup. Memiliki daun tunggal yang kasar. Kecibeling dikenal sebagai tanaman obat untuk antidiabetes. Selain itu, juga dapat menyembuhkan leukimia dan mencegah aids. Kecibeling umumnya dijadikan obat dengan cara dijadikan teh.

Putri Malu

Putri malu bernama latin mimosa pudica. Tanaman perdu anggota suku polong-polongan ini dikenal sebagai tanaman yang daunnya menutup saat disentuh.

Putri malu berkhasiat untuk menurunkan panas, meluruhkan air seni, mengatasi tenggorokan berdahak, insomnia, dapat menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi. Penggunaan putri malu sebagai obat bisa diolah dengan cara direbus lalu airnya diminum.

Alang-alang

Alang-alang merupakan tumbuhan liar sekitar rumah yang sangat tidak disukai, terutama karena sulit diberantas. Akar yang menyebar membuatnya gampang tumbuh meski sudah dipotong. Alang-alang atau ilalang bernama latin imperata cylindrica.

Akar alang-alang dikenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit, di antaranya meluruhkan kecing, mengobati demam atau panas dalam, mengobati mimisan, obat keputihan, dan lain-lain.

Babadotan

Nama babadotan atau babandota di wilayah Sunda. Di Jawa tanaman ini dikenal dengan wedusan. Daerah lain di Indonesia punya sebutan lain dari tumbuhan bernama latin ageratum conyzoides ini. Babadotan berasal dari Amerika tropis khususnya Brazil.

Manfaat babadotan yang populer yaitu untuk obat luka. Seseorang yang luka teriris misalnya, sangat cepat disembuhkan dengan daun babandotan yang diperas sebagai pengganti obat merah. Untuk penyakit lain, babadotan bermanfaat untuk obat demam dengan cara akarnya dihaluskan kemudian dibalurkan ke badan. Juga bermanfaat obat mata dengan cara ditumbuk dan airnya diteteskan ke mata.

Sumber : merahputih.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *