Categories
Tanaman

Tumbuhan Terlangka di Dunia

Tumbuhan Terlangka yang Sudah Sangat Sulit Ditemukan

Dunia – International Union for Conservation of Nature (IUCN) memuiliki beberapa daftar tanaman yang masuk ke kategori sebagai tanaman dengan spesies yang terancam punah. Beberapa diantaranya tumbuh di daerah terpelosok dan sangta sulit untuk ditemukan.

Karena keberadaannya yan gkian hari kian menipis akibat dari perburuan liar dan kerusakan hutan. Indonesia juga terkenal akan kekayaan floranya yang sanagt langka dan unik karena eksotisnya. Simak ulaasn berikut ini :

Baca juga : Tanaman Karnivora dengan bentuk yang Indah

Langka dengan Masa Hidup yang Singkat

1.Welwitschia Mirabilis
Spesies ini masuk ke kategori salah satu tanaman purba yang sampai detik ini masih bisa kita lihat dan hanya ditemukan di kawasan kecil di bagian pantai Samudra Atlantik. Berbeda dengan tumbuhan gurun lainnya, tumbuhan ini memiliki daun yang lebar dan tgerus memanjang selama masih hidup. Tumbuhan yang terdiri dari batang dan ua daun ini dapat bertahan hingga ratusan tahun.

2. Rafflesia Arnoldii
Rafflesia arnoldii kerap rancu dengan bunga bangkai. Padahal keduanya adalah judi poker deposit 10000 spesies berbeda. Bunga rafflesia mempunyai ciri khas tumbuh melebar, sementara bunga bangkai tumbuh ke atas.

Bunga yang dapat ditemukan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Bengkulu dan Taman Nasional Kerinci Seblat ini dapat tumbuh hingga diameter 1 meter. Beratnya maksimal mencapai 10 kilogram dengan masa tumbuh 9 bulan. Selanjutnya mekar selama 7 hari dan layu lalu mati.

3. Amorphophallus Titanium
Atau biasanya juga disebut dengan tumbuhan bangkai ini memilikik tampilan yang sangat menarik meski menebarkan bau busuk. Bagian luarnya biasa berwarna krem dengan mahkota berwarna merah keunguan.

Sekilas bentuknya mirip dengan terompet yang besar ketika bunga ini sudah mekar seutuhnya. Tinggi bunga yang satu ini bisa mencapai 4 meter dangan diameter 1,5 meter. Sama seperti Rafflesia, bunga ini hanya akan mekar selama 7 hari. Waktu berbunganya pun hanya 5 tahun sekali, sehingga dikategorikan tumbuhan langka.

Spesies Tumbuhan Terlangka Dunia Saat Ini

1. Euphorbia Obesa
Euphorbia obesa merupakan tumbuhan endemik di Gurun Karoo, Afrika Selatan. Tumbuhan ini diperkirakan menjadi langka karena bentuknya yang unik seperti bola sehingga banyak yang mengambilnya untuk koleksi.

Karena jumlahnya semakin menyusut dan hampir punah, pemerintah negara tersebut menetapkan tanaman ini sebagai spesies yang dilindungi. Tanaman ini mempunyai diameter 6 cm ketika masih muda dan berbentuk bulat, dan 15 cm ketika sudah tua dan bentuknya silinder.

2. Attenborought’s Pitcher Plant
Tanaman langka satu ini hanya tumbuh di Gunung Victoria, Palawan, Filipina. Jumlahnya saat ini hanya diperkirakan berjumlah ratusan saja. Tanaman dengan nama cukup panjang ini tergolong karnivora. Tak hanya hewan kecil seperti serangga, mangkuk berisi cairannya mampu membunuh tikus. Ukuran terbesar untuk tanaman ini yaitu 30 cm.

Tumbuhan langka di atas masih ada yang dapat ditemukan, ada pula yang tidak. Semoga dengan pengetahuan tentang flora langka di atas, semakin meningkatkan kesadaran tentang kekayaan alam dan pentingnya menjaga mereka agar tidak punah.

Sumber : workamerica.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *